Mata Kuliah Sharia Banking Information Technology (SBI)

* Tugas 1 (Selasa,04 September 2012)

  1. Peranan teknologi informasi dalam kehidupan manusia ?
  2. Penyebab teknologi informasi berkembang begitu pesat saat ini?
  3. Produk produk teknologi informasi?
  4. Cara/solusi untuk menanggulangi dampak negatif dalam teknologi informasi?
  5. Fungsi dari produk teknologi informasi ?

JAWABAN:

  1. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan, perusahan, UKM (Usaha Kecil Menengah) dan LSM. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan.

2. – Dibutuhkan infrastruktur yang memungkinkan akses infomasi dimanapun dengan kecepatan yang mencukupi

_ Faktor SDM menuntut ketersediaan human brain yang menguasai teknologi tinggi

_ faktor kebijakan menuntut adanya kebijakan berskala makro dan mikro yang berpihak pada pengembangan teknologi informasi jangka panjang

_ faktor financial membutuhkan adanya sikap positif dari bank dan lembaga keuagan lain untuk menyokong industri teknologi informasi

_ konten dan aplikasi menuntut adanya informasi yang sampai pada orang,tempat,dan waktu,yang tepat serta ketersediaan aplikasi untuk menyampaikan konten tersebut dengan nyaman pada penggunaanya.

3. Forum , Milis/group , Situs jejaring social , Blog , Situs sharing file , E-learning menggunakan teleconference.

4. Solusi menanggulagi dampak negatif

Saya membikin solusi untuk mananggulangi dampak negative bagi anak :

  • Mempertimbangkan pemakaian teknologi informasi dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan teknologi informasi.  Analisis untung ruginya pemakaian.
  • Tidak menjadikan Teknologi informasi  sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload e-book, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
  • peran dan kerjasama antara seluruh pengguna lanyanan TIK. Perlu ada kesadaran
  • Untuk mencegah kecanduan orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Sehingga pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.

Jadi, solusinya adalah kita jangan sampai mengatakan tidak pada teknologi (say no to technology) karena jika kita berbuat demikian, maka kita akan ketinggalan banyak informasi yang sekarang ini informasi-informasi tersebut paling banyak ada di internet. Kita harus mempertimbangkan kebutuhan kita terhadap teknologi, mempertimbangkan baik-buruknya teknologi tersebut dan tetap menggunakan etika, juga tidak lupa jangan terlalu berlebihan agar kita tidak kecanduan dengan teknologi.

5 .  Processing: proses mengubah, menganilisis, menghitung, dan mengumpulkan semua bentuk data atau  infor masi…
a. pengolahan data

b. pengolahan informasi
c. pengolahan kata
d. pengolahan gambar
e. pengolahan suara

# Tugas 2 (Selasa, 11 September 2012)

#DEFINISI START UP WIN XP & WIN 7

#DEFINISI START UP WIN XP & WIN 7

Start up adalah proses awal saat menyalakan komputer !

Proses start up windows dapat diuraikan sebagai berikut :

1.MBR adalah sebuah program yang sangat kecil yang terdapat pada sector pertama hardisk, MBR kemudian me-load suatu program bernama NTLDR ke dalam memori.

2.NTLDR kemudian memindahkan komputer ke “flat memory model” (bypassing the 640KB memory restrictions placed on PCs) kemudian membaca file BOOT.INI.

3. Jika komputer mempunyai beberapa partisi yang bootable, NTLDR akan menggunakan informasi yang terdapat pada file BOOT.INI untuk menampilkan pilihan boot, apabila hanya terinstall windows xp saja maka tampilan menu akan dilewati dan windows akan me-load windows xp.

4. Sebelum meload windows xp, NTLDR membuka program lain ke dalam memory yang disebut NDETEC.COM. File ini melakukan pengecekan semua hardware yang terdapat pada komputer. Setelah semua hardware ditemukan, NDTECT.COM memberikan kembali informasi tersebut ke NTLDR.

5. NTLDR kemudian berusaha me-load versi Windows XP yang dipilih pada step 3. Hal ini dilakukan dengan menemukan file NTOSKRNL pada folder System32 yang terdapat pada directory windows xp . NTOSKRNL adalah program utama pada system operasi windows yaitu sebuah “kernel” Setelah kernel tersebut di-load ke memory, NTLDR passes control of the boot process to the kernel and to another file named HAL.DLL. HAL.DLL controls Windows’ famous hardware abstraction layer (HAL)

6.NTOSKRNL kemudia menangani proses boot selanjutnya. Langkah pertama adalah meload beberapa “low-level system drivers”. Kemudian NTOSKRNL me-load semua file-file yang dibutuhkan untuk membuat “core” sistem operasi windows xp.

7. Kemudian, Windows akan memverifikasi apakah terdapat lebih dari satu konfigurasi hardware profile pada komputer, kalau terdapat lebih dari satu hardware profile windows akan menampilkan menu pilihan, tetapi apabila hanya terdapat satu profile maka windows akan langsung me-load default profile.

8. Sesudah windows mengenali hardware profile yang digunakan, windows kemudian me-load semua device driver untuk semua hardware yang terdapat pada komputer, Pada saat ini tampilan monitor menampilkan “Welcome To Windows XP boot screen”.

9. Terakhir windows menjalankan semua service yang dijadwalkan secara otomatis. Pada saat ini tampilan monitor menampilkan “logon screen”.

#Mengoptimalkan/Mempercepat startup Booting Windows XP & 7

 

#Mengoptimalkan/Mempercepat startup Booting Windows XP & 7

Dalam memakai operating system Windows XP kadang-kadang kita merasa lambat. Setelah kita cek memang banyak program yang sedang berjalan. Namun program yang sedang berjalan tersebut berjalan otomatis setiap kita menghidupkan komputer. Supaya cepat kita harus mematikan program tersebut satu persatu. Tetapi tidak semua program tersebut dapat dimatikan. Dan juga kalau setiap kali menghidupkan komputer kita harus mematikan program oersebut satu demi satu tentu akan menjengkelkan. Oleh sebab itu kita harus bisa mencegah auto start program-program tersebut secara permanen. Berikut langkah-langkah untuk mendisable autostart program-program tersebut
1. Masuk ke ke run dan jalankan msconfig

2. Anda akan menjumpai tampilan:

Silahkan masuk ke tab Startup

Uncheck program yang tidak perlu autostart.
Klik Ok

3. Masuk ke run danjalankan services.msc

4. Pilih ke tab Standard

4.Pilih service  yang tidak perlu dijalankan secara otomatis, ubah startup typenya menjadi manual.

#Mempercepat start up booting pada win 7

  1.  Choose “Startup” tab and click on it.
     
  2. Ketik “msconfig” di kotak pencarian start menu dan tekan enter.
      Pilih “Startup” tab dan klik di atasnya.
    klik pada kotak centang. Nonaktifkan startup layanan Anda tidak ingin memulai dengan awal sistem operasi. Ini akan membantu untuk mempercepat startup windows7. Di sini, Anda dapat menonaktifkan semua. Cukup klik pada tombol Nonaktifkan semua.
    Klik “OK” dan restart untuk melihat perbedaan waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s